Rusia Sebut AS Tak Miliki Strategi yang Jelas di Suriah

Rusia Sebut AS Tak Miliki Strategi yang Jelas di Suriah
beritagram.Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu menyatakan bahwa Amerika Serikat (AS) sampai saat ini tidak memiliki strategi yang jelas untuk Suriah. Dia menyebut, apa yang dilakukan AS selama ini di Suriah bukanlah sebuah strategi.

“Karena anggota parlemen AS dan para ahli telah menyerukan kepada pemerintah untuk memperjelas strateginya untuk Suriah, negara kami bukan satu-satunya yang tidak mendapatkannya. Jika ada beberapa dasar untuk tindakan rekan-rekan Amerika kami di Suriah, itu terlalu bertentangan untuk disebut strategi,” ucap Shoigu dalam sebuah pernyataan.

Dia kemudian mengatakan bahwa Washington telah mengubah pandangannya tentang kehadiran militer AS di Suriah, yang di mana awalnya untuk mengalahkan ISIS, menjadi untuk mencegah pengaruh Iran di negara itu.

“Saya ingin mengingatkan bahwa pada awalnya itu adalah tentang mengalahkan ISIS, kemudian tentang mencegah munculnya kembali ISIS dan sekarang pernyataan sedang dibuat tentang perlu mempertahankan kehadiran militer di Suriah untuk mencegah pengaruh Iran,” ujarnya
Jenderal Angkatan Darat itu lalu menyatakan bahwa semua orang saat ini berpikir bahwa tujuan utama AS di Suriah adalah untuk mencegah stabilisasi, memperpanjang konflik dan merusak integritas teritorial negara dengan menciptakan daerah-daerah yang tidak dikontrol oleh pemerintah di daerah-daerah terpencil Suriah.

Shoigu menyebut bahwa militan yang telah menerima pelatihan di wilayah Suriah yang dikuasai AS, yang berperang melawan tentara Suriah, mendapatkan cukup senjata dan amunisi.

Dirinya menekankan, dalam beberapa tahun terakhir, AS tidak menghabiskan satu sen pun untuk membantu warga sipil di Suriah, khususnya di kota Raqqa, yang dibebaskan dari ISIS dengan bantuan militer AS.

“Di sisi lain, tidak ada satu insiden pun tercatat selama operasi pasukan Suriah untuk membebaskan berbagai daerah. Orang-orang menerima bahan makanan dan konstruksi yang mereka butuhkan untuk melanjutkan kehidupan yang damai sesegera mungkin,” ujarnya

Comments

Popular posts from this blog

7 Badan Riset Ruang Angkasa Terbaik di Dunia

Ribuan umat Muslim Situbondo gelar budaya “Ancak Agung”

Girangnya Kevin Dan Marcus Setelah Taklukkan Keangkeran Istora